4 Dangerous Places That Make Satellite Phones The Adventurer’s Best Friend

Apakah Anda seorang petualang daerah terpencil atau sekedar pecinta alam bebas? Seberapa aman Anda telah melengkapi perlengkapan keamanan Anda? Sebagian besar dari Anda mungkin telah menyiapkan segala perbekalan dan peralatan selengkap-lengkapnya termasuk perlengkapan yang harus ada ketika Anda mengalami kecelakaan / cedera kecil. Namun, ada kalanya Anda harus menyiapkan juga alat komunikasi jika kondisi darurat tiba-tiba datang menghampiri Anda seperti bencana alam yang waktunya tidak dapat di prediksi.

Sebagai seorang petualang, telepon satelit merupakan teman terbaik Anda. Telepon satelit dapat membuat Anda untuk tetap dapat berkomunikasi di lokasi terpencil, di mana jangkauan jaringan seluler sulit di dapat atau bahkan mungkin tidak ada sama sekali. Anda dapat memberitahukan kepada orang lain tentang lokasi Anda dan meminta bantuan jika terjadi kondisi darurat. Alasan ini lah yang menjadikan telepon satelit menjadi komponen penting di setiap perjalanan Anda.

Tebing dan Pegunungan

Panjat tebing dan mendaki gunung merupakan olahraga yang sangat populer bagi para pencari sensasi adrenalin. Karena olahraga ini memiliki tingkat bahaya yang sangat tinggi dan menantang nyawa. Tim SAR melaporkan dalam 1 tahun setidaknya minimal ada 10 korban kecelakaan di pegunungan, sebagian besar membutuhkan bantuan medis dengan segera. Dan setidaknya ada 1 orang yang meninggal setiap tahunnya akibat kecelakaan saat mendaki gunung.

Mungkin Anda telah mempersiapkan diri untuk tidak menjadi korban kecelakaan dan memastikan telah mengikuti prosedur pendakian. Namun kecelakaan dapat terjadi di luar kendali Anda. Dalam situasi seperti ini, telepon satelit benar-benar dapat menjadi penyelamat hidup Anda.

Gurun

Berkemah di gurun bagi sebagian backpacker merupakan kegiatan yang sangat menarik bagi yang menyukai keindahan pemandangan gurun. Sebagaimana kita ketahui, ganas nya cuaca di gurun sangatlah tak kenal ampun. Malam dingin mampu membekukan dan siang hari yang terik menjadi hal yang biasa di gurun seluruh dunia. Selain cuaca, serangan serangga dan reptil ganas juga sering menghantui daerah gurun.

Persediaan air sangatlah penting saat berada di gurun. Manusia hanya bisa bertahan selama 14 jam tanpa air di gurun, karena matahari bersinar dengen sangat terik tanpa kenal lelah . Sehingga, tidak ada ruang untuk melakukan kesalahan di tempat yang tak kenal ampun seperti gurun. Jadi, Anda harus membawa telepon satelit ketika bencana tiba-tiba datang.

Bencana yang paling sering terjadi adalah badai gurun dan datangnya tidak dapat di tebak. Namun sayangnya, sinyal seluler tidak mampu menjangkau daerah gurun. Saat terjadi bencana, telepon satelit menjadi satu-satunya alat komunikasi bisa di pakai saat Anda membutuhkan pertolongan.

Sungai

Di artikel sebelumnya, kita telah membahas betapa berharganya telepon satelit ketika kita berada di tengah laut. Tapi jangan lupakan tempat berair lainnya seperti sungai ataupun danau.

Sungai beraliran deras seringkali dijadikan sarana olahraga seperti arung jeram, kayak, dan kano. Sungai tersebut biasanya berada di hutan dataran tinggi dan memiliki beberapa air terjun kecil yang menantang para petualang untuk mencicipi keganasannya.

Dibalik asiknya menikmati keganasan sungai, ada bahaya yang mengintai para pemain olahraga kano. Seringkali Anda mengalami tergelincir ketika melewati batu licin yang membuat kaki Anda terkilir ataupun patah tulang, sehingga Anda membutuhkan bantuan medis dengan segera. Lagi-lagi, lokasi sungai dataran tinggi merupakan daerah yang jauh dari perkotaan yang tentunya tidak terjangkau jaringan telepon seluler. Kecelakaan dapat terjadi setiap saat tanpa peduli seberapa hati-hati Anda dalam beraktifitas. Pastikan membawa telepon satelit agar Anda dapat meminta bantuan setiap saat dan menginformasikan dimana lokasi anda berada.

Hutan

Meskipun telepon satelit agak sulit di gunakan di hutan karena membutuhkan lokasi yang tidak terhalang ke langit untuk mandapat sinyal, telepon satelit tetap sangat di butuhkan di lokasi ini. Karena faktanya banyak orang tersesat di tengah hutan, dan sebagian ditemukan dalam keadaan tewas.

Namun, cara yang paling mungkin tentunya dengan melengkapi diri Anda dengan telepon satelit. Karena sinyal telepon seluler sudah pasti tidak menjangkau hutan. Setidaknya jika terjadi kecelakaan atau bencana, Anda bisa melakukan panggilan darurat dengan sinyal telepon satelit.

==========

Telepon satelit iridium dan modem internet Iridium Go

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menyelamatkan hidup Anda dari kondisi darurat dan bencana adalah dengan melengkapi peralatan komunikasi di genggaman Anda. Kecelakaan dan bencana datang tanpa memberikan tanda, sehingga anda harus memiliki rencana darurat untuk mencari dan mendapatkan bantuan dengan segera.

Kemanapun Anda berencana untuk berpetualang, pastikan telepon satelit dalam genggaman agar dapat membantu Anda pulang dengan selamat demi kelangsungan hidup Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Scroll to Top