Before Deciding to Buy a Satellite Phone, Read This First!

Telepon satelit secara primer digunakan oleh perusahaan, organisasi, atau individu yang banyak melakukan aktivitas pekerjaan di luar jangkauan layanan telepon seluler. Telepon satelit juga digunakan oleh personel darurat untuk memastikan jika terjadi masalah, mereka memiliki cara untuk berkomunikasi satu sama lain, seperti personel militer dan personel tanggap darurat bencana.

Tak hanya itu, bagi orang-orang yang suka menikmati aktivitas petualangan yang jauh dari sinyal seluler juga sangat bergantung pada telepon satelit. Seperti pendaki gunung, backpacker, ekspedisi alam liar, dan mereka yang hobi menghabiskan waktu di pedalaman.

Dalam artikel kali ini, kami akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering diajukan calon pelanggan. Sehingga ketika anda memutuskan untuk membeli telepon satelit melalui nyambungin.com , anda akan paham bagaimana cara menggunakannya dan cara bekerjanya.

Mengapa Saya Membutuhkan Telepon Satelit?

Telepon Satelit adalah alat yang canggih dan sangat hebat untuk anda miliki saat bepergian jauh ke pedalaman daerah terpencil dan saat sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat bencana.

Orang-orang yang beraktivitas dan bekerja di daerah terpencil di luar jangkauan telepon seluler, harus memiliki telepon satelit untuk saling berkomunikasi. Perusahaan pertambangan Oil & Gas tengah laut, Organisasi penelitian ilmiah, personel militer di perbatasan negara, dan banyak lagi, merupakan daerah yang tidak terjangkau jaringan seluler. Sehingga membutuhkan telepon satelit yang mampu melayani jaringan yang tidak terjangkau jaringan terrestrial.

Telepon satelit sangat diandalkan dalam beberapa situasi darurat bencana. Saat jaringan telepon seluler terputus akibat bencana alam, personel darurat harus memiliki cara untuk berkomunikasi. Satu-satunya backup communication yang dapat di andalkan untuk tetap dapat berrkomunikasi adalah telepon satelit.

Apakah Telepon Satelit Dapat Bekerja Di Mana-Mana di Seluruh Dunia?

Area kerja telepon satelit sangat bergantung dengan jangkauan sinyal yang mampu disediakan masing-masing penyedia layanan satelit. Samakin banyak satelit yang dimiliki oleh provider, semakin luas jangkauan yang mampu dilayani. Sebagai contoh provider satelit iridium yang memiliki 66 satelit LEO (Low Earth Orbit), sinyal satelit Iridium mampu menjangkau seluruh lapisan permukaan bumi kutub utara dan kutub selatan. Lain halnya dengan provider satelit thuraya dengan 2 satelit geostationary yang dimilikinya. Thuraya hanya mampu menjangkau sekitar 110 negara di Timur Tengah, Asia, Afrika, Australia, dan beberapa negara di Benua Eropa.

Satu hal yang paling penting ketika Anda menggunakan telepon satelit, posisi Anda harus benar-benar tidak terhalang apapun untuk mendapatkan sinyal satelit dari langit. Dengan kata lain, sinyal satelit akan lebih mudah Anda dapatkan ketika anda berada di luar ruangan yang jauh dari gedung pencakar langit.

Apakah Telepon Satelit Dapat Digunakan Di Dalam Ruangan?

Secara natural, telepon satelit paling baik digunakan ketika Anda berada di luar ruangan, di lokasi Anda dapat melihat langit langsung ke atas tanpa terhalang apapun. Sehingga hampir tidak mungkin telepon satelit digunakan di dalam ruangan tanpa ada antenna external sebagai penyambung sinyal.

Namun, sekarang ini sudah ada docking station yang di buat khusus untuk menghubungkan telepon satelit dengan antena satelit di luar ruangan. Docking berfungsi sebagai penghubung telepon di dalam ruangan dengan antenna satelit yang posisi nya berada jauh di bagian tertinggi gedung. Sehingga Anda dapat terhubung dengan jaringan satelit dari dalam gedung.

Apa yang Bisa Anda Kerjakan Dengan Telepon Satelit yang Anda miliki?

Seperti telepon genggam pada umumnya, penyedia layanan satelit juga menyediakan layanan voice dan SMS. Mereka menawarkan paket pulsa voice dan sms dalam bentuk prepaid dan postpaid. Semakin besar biaya yang anda bayarkan, semakin banyak menit bicara dan SMS yang anda dapatkan, tergantung seberapa banyak kebutuhan Anda.

Ada sejumlah paket berbeda yang tersedia di setiap penyedia layanan jaringan satelit, beberapa diantaranya juga menawarkan layanan Push-to-Talk yang berfungsi seperti radio. Salah satunya adalah Iridium Extreme PTT. Dengan layanan Push-to-Talk, Anda bisa berbicara dengan banyak orang sekaligus secara broadcast.

Bisakah Saya Mengakses Internet Menggunakan Telepon Satelit?

Telepon satelit dirancang sebagai perangkat komunikasi emergency saat Anda berada di luar jangkauan ponsel GSM, dengan fitur standar voice dan SMS. Namun terkadang Anda membutuhkan mengirim pesan teks dengan jumlah karakter yang panjang, dimana fitur SMS terbatas hanya 140 karakter saja.

Beberapa telepon satelit ada yang memiliki fitur akses internet. Namun, akses internet menggunakan telepon satelit tidak dirancang untuk menjelajah halaman website, memeriksa notifikasi facebook, twitter, dan Social Media lain, serta juga tidak untuk mengunggah gambar ke Instagram. Karena kecepatan aksesnya tidaklah sebesar telepon seluler pada umumnya, yaitu dibatasi hanya 2,4 – 9,6 kbps.

Sehingga kegiatan yang paling mungkin adalah hanya untuk mengirim E-mail dan chating teks.

Jika Anda mencari telepon satelit yang berfungsi sebagai telepon pintar, Anda bisa melirik Thuraya SatSleeve+. Thuraya SatSleeve+ adalah perangkat yang bisa mengubah smartphone Anda baik Android maupun IOS menjadi telepon satelit dan dilengkapi dengan Internet akses. Sehingga memungkinkan untuk melakukan basic web browsing, E-mail, SMS messaging dan sosial media.

Berapa Harga Telepon Satelit Pada Umumnya ?

Sebagian besar orang menilai bahwa harga telepon satelit sangat lah mahal. Harga paling murah dengan fitur hanya voice dan SMS saja bisa mencapai harga 10 juta rupiah atau bahkan lebih dari 10 juta. Namun, harga tersebut sangat sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan. Sebagai backup komunikasi, telepon satelit menjadi satu-satunya alat komunikasi yang bisa di andalkan saat darurat bencana terjadi.

“Keselamatan jiwa Anda jauh lebih berharga di banding harga telepon satelit yang anda miliki”

Silahkan klik disini untuk mendapakan list harga telepon satelit dari E-commerce nyambungin.com


Kami berharap tulisan ini membantu menjawab beberapa pertanyaan Anda tentang telepon satelit. Jika Anda tertarik untuk membeli atau menyewa telepon satelit, atau ingin mempelajari lebih lanjut, silahkan telusuri lebih dalam situs kami. Kami menjual berbagai macam telepon satelit mulai dari Iridium extreme, Iridium PTT, berbagai macam varian satphone Thuraya, dan Inmarsat ISatphone.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Scroll to Top